Sabtu, 20 September 2014

BELAJAR

"Adek,, Ayo belajar.!" 
Pernahkah kalian mendengar atau mengucapkan kalimat tersebut.?? Seberapa seringkah kalian mengucapkan ato mendengar kata belajar.?? Lalu, apakah kalian tahu seperti apakah belajar itu.??
Yuk kita ikuti postingan di bawah ini..!!

Belajar

Setiap manusia pasti mengalami suatu pembelajaran dalam kehidupannya, baik belajar secara formal maupun non-formal. Belajar dapat dilakukan dengan adanya pembimbing maupun secara otodidak. Beberapa tokoh besar memberikan suatu pemikiran mengenai pengertian tentang belajar.
Belajar menurut Muhibin Syah (2010:87) bahwa belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri.

 Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zaini (2010:38) menyatakan belajar pada hakikatnya adalah “perubahan” yang terjadi di dalam diri seseorang setelah berakhirnya melakukan aktivitas belajar. Walau pada kenyataannya tidak semua perubahan termasuk kategori belajar. Proses belajar pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah laku seseorang dalam situasi tertentu yang berulang berdasarkan keadaan seseorang. Misalnya perubahan fisik, mabuk, gila dan sebagainya.
Sementara menurut Hamzah B. Uno (2013:139) belajar dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari latihan pengalaman individu akibat interaksi dengan lingkungannya. Perubahan belajar mengandung semacam perubahan dalam diri seseorang yang melakukan perbuatan belajar. Perubahan ini dapat dinyatakan sebagai suatu kecakapan, suatu kebiasaan, suatu sikap, suatu pengertian, sebagai suatu pengetahuan atau appresiasi (penerimaan dan/atau penghargaan). Perubahan-perubahan akibat belajar adalah positif dan aktif dan tidak negatif serta lemah. Kegiatan belajar merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Perubahan yang ditimbulkan oleh pengalaman baru dapat dikatakan belajar apabila mempengaruhi perilaku dalam kehidupan sehari-hari sampai batas tertentu.
Faktor yang mempengaruhi belajar siswa menurut Muhibin Syah (2010:129) sebagai berikut:
a.       Faktor internal (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan atau kondisi jasmai dan rohani siswa.
b.      Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi lingkungan di sekitar siswa.
c.       Faktor pendekatan belajar (approach to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan mempelajari materi-materi pelajaran.

Berdasarkan pengertian tersebut saya menyimpulkan bahwa belajar adalah proses terjadinya suatu kegiatan yang bersifat dinamis (berubah-ubah) untuk mencapai kondisi optimal dimana kondisi ini mengarah ke perilaku maupun pemikiran yang lebih baik. Kedinamisan ini dipengaruhi oleh kondisi yang ada dalam diri siswa dan yang ada di luar diri siswa serta pendekatan pembelajaran yang digunakan. Selain itu belajar merupakan suatu perubahan yang ditimbulkan oleh pengalaman baru dari proses ketika belajar.

Semangat Belajar...!!!


Sumber:

Hamzah B. Uno. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muhibin Syah. 2010. Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar