"Adek,, Ayo
belajar.!"
Pernahkah kalian mendengar atau
mengucapkan kalimat tersebut.?? Seberapa seringkah kalian mengucapkan ato
mendengar kata belajar.?? Lalu, apakah kalian tahu seperti apakah belajar
itu.??
Yuk kita ikuti
postingan di bawah ini..!!
Belajar
Setiap
manusia pasti mengalami suatu pembelajaran dalam kehidupannya, baik belajar
secara formal maupun non-formal. Belajar dapat dilakukan dengan adanya
pembimbing maupun secara otodidak. Beberapa tokoh besar memberikan suatu
pemikiran mengenai pengertian tentang belajar.
Belajar menurut Muhibin
Syah (2010:87) bahwa belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur
yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang
pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan
pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik
ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya
sendiri.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zaini
(2010:38) menyatakan belajar pada hakikatnya adalah “perubahan” yang terjadi di
dalam diri seseorang setelah berakhirnya melakukan aktivitas belajar. Walau
pada kenyataannya tidak semua perubahan termasuk kategori belajar. Proses
belajar pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah laku seseorang dalam
situasi tertentu yang berulang berdasarkan keadaan seseorang. Misalnya
perubahan fisik, mabuk, gila dan sebagainya.
Sementara
menurut
Hamzah B. Uno (2013:139) belajar dapat
diartikan sebagai suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari
latihan pengalaman individu akibat interaksi dengan lingkungannya. Perubahan
belajar mengandung semacam perubahan dalam diri seseorang yang melakukan
perbuatan belajar. Perubahan ini dapat dinyatakan sebagai suatu
kecakapan, suatu kebiasaan, suatu sikap, suatu pengertian, sebagai suatu
pengetahuan atau appresiasi (penerimaan dan/atau penghargaan). Perubahan-perubahan
akibat belajar adalah positif dan aktif dan tidak negatif serta lemah. Kegiatan
belajar merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis
dan jenjang pendidikan. Perubahan yang ditimbulkan
oleh pengalaman baru dapat dikatakan belajar apabila mempengaruhi perilaku
dalam kehidupan sehari-hari sampai batas tertentu.
Faktor
yang mempengaruhi belajar siswa menurut Muhibin Syah (2010:129) sebagai
berikut:
a.
Faktor
internal (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan atau kondisi jasmai dan
rohani siswa.
b.
Faktor
eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi lingkungan di sekitar siswa.
c.
Faktor
pendekatan belajar (approach to learning),
yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang
digunakan siswa untuk melakukan kegiatan mempelajari materi-materi pelajaran.
Berdasarkan pengertian tersebut saya menyimpulkan bahwa
belajar adalah proses terjadinya suatu
kegiatan yang bersifat dinamis (berubah-ubah) untuk mencapai kondisi optimal
dimana kondisi ini mengarah ke perilaku maupun pemikiran yang lebih
baik. Kedinamisan ini dipengaruhi oleh kondisi yang ada dalam diri siswa dan
yang ada di luar diri siswa serta
pendekatan pembelajaran yang digunakan. Selain
itu belajar merupakan suatu perubahan yang ditimbulkan oleh pengalaman baru
dari proses ketika belajar.
Semangat Belajar...!!!
Sumber:
Hamzah B. Uno. 2010. Mengelola
Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muhibin Syah. 2010. Psikologi
Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah
dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT Rieneka Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar