Sabtu, 20 September 2014

PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Setelah kita tahu apa itu matematika dan seperti apakah belajar itu, sekarang kita akan membahas mengenai pembelajaran matematika. Selamat Belajar..!!!

Salah satu sumber daya manusia yang sangat penting dalam kehidupan ini adalah pendidikan. Dengan pendidikan, setiap individu melakukan suatu proses untuk mendapatkan pengetahuan sehingga orang tersebut tahu apa yang harus dilakukan untuk kehidupannya. Proses untuk mendapatkan pengetahuan tersebut adalah belajar.
Seseorang dikatakan belajar apabila setelah melakukan kegiatan belajar ia menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi suatu perubahan tingkah laku yang berkesinambungan dan berlangsung seumur hidup. Secara singkat dapat dikatakan bahwa perubahan tingkah laku tanpa usaha dan tanpa disadari bukanlah belajar.
Menurut Gagne (Dimyati, 2002: 10) belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai. Dengan demikian belajar merupakan seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapabilitas baru.
Winkel (2004: 59) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungannya, yang menghasilkan sejumlah perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai-sikap. Perubahan itu bersifat secara konstan dan berbekas.
Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar juga dapat dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku yang diarahkan untuk mencapai tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman.
Dalam suatu situasi dan lingkungan tertentu, di samping melakukan proses belajar setiap individu juga akan memperoleh pengajaran. Proses belajar mengajar dalam suatu lingkungan tertentu disebut dengan pembelajaran.
Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas (Abdul Majid, 2013: 4), pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.
Sedangkan pengertian pembelajaran menurut Corey (Ahmad Susanto, 2013: 186) adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam timgkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu.
Pembelajaran dalam pandangan Corey tersebut merupakan sebagai upaya untuk menciptakan kondisi dan lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa berubah tingkah lakunya.
Istilah pembelajaran (instruction) bermakna sebagai upaya untuk membelajarkan seseorang atau kelompok orang melalui berbagai upaya (effort) dan berbagai strategi, metode, dan pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah direncanakan (Abdul Majid, 2013: 4).
Dari beberapa pendapat tentang pengertian pembelajaran matematika, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika merupakan serangkaian aktivitas guru dalam membelajarkan siswa untuk membangun pengalaman belajar matematikanya dengan kemampuan sendiri dengan metode atau pendekatan mengajar agar dapat meningkatkan kemampuan siswa.


 Semoga Bermanfaat..!!! J


Sumber:

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
W.S Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar