Setelah
kita tahu apa itu matematika dan seperti apakah belajar itu, sekarang kita akan
membahas mengenai pembelajaran matematika. Selamat Belajar..!!!
Salah satu sumber daya manusia yang sangat penting
dalam kehidupan ini adalah pendidikan. Dengan pendidikan, setiap individu
melakukan suatu proses untuk mendapatkan pengetahuan sehingga orang tersebut
tahu apa yang harus dilakukan untuk kehidupannya. Proses untuk mendapatkan
pengetahuan tersebut adalah belajar.
Seseorang dikatakan belajar apabila setelah
melakukan kegiatan belajar ia menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi suatu
perubahan tingkah laku yang berkesinambungan dan berlangsung seumur hidup.
Secara singkat dapat dikatakan bahwa perubahan tingkah laku tanpa usaha dan
tanpa disadari bukanlah belajar.
Menurut Gagne (Dimyati, 2002: 10) belajar merupakan
kegiatan yang kompleks. Setelah belajar orang memiliki keterampilan,
pengetahuan, sikap, dan nilai. Dengan demikian belajar merupakan seperangkat
proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan
informasi, menjadi kapabilitas baru.
Winkel (2004: 59) mengemukakan bahwa belajar adalah
suatu aktivitas mental/psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan
lingkungannya, yang menghasilkan sejumlah perubahan dalam pengetahuan,
pemahaman, keterampilan dan nilai-sikap. Perubahan itu bersifat secara konstan
dan berbekas.
Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar
adalah suatu proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar
individu. Belajar juga dapat dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku
yang diarahkan untuk mencapai tujuan dan proses berbuat melalui berbagai
pengalaman.
Dalam suatu situasi dan lingkungan tertentu, di
samping melakukan proses belajar setiap individu juga akan memperoleh
pengajaran. Proses belajar mengajar dalam suatu lingkungan tertentu disebut
dengan pembelajaran.
Menurut UU Nomor 20
tahun 2003 tentang Sisdiknas (Abdul Majid, 2013: 4), pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkingan belajar.
Sedangkan pengertian
pembelajaran menurut Corey (Ahmad Susanto, 2013: 186) adalah suatu proses
dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut
serta dalam timgkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau
menghasilkan respons terhadap situasi tertentu.
Pembelajaran dalam
pandangan Corey tersebut merupakan sebagai upaya untuk menciptakan kondisi dan
lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa berubah tingkah
lakunya.
Istilah pembelajaran (instruction) bermakna sebagai upaya
untuk membelajarkan seseorang atau kelompok orang melalui berbagai upaya (effort) dan berbagai strategi, metode,
dan pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah direncanakan (Abdul Majid,
2013: 4).
Dari beberapa pendapat
tentang pengertian pembelajaran matematika, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika merupakan serangkaian aktivitas guru dalam membelajarkan
siswa untuk membangun pengalaman belajar matematikanya dengan kemampuan sendiri
dengan metode atau pendekatan mengajar agar dapat meningkatkan kemampuan siswa.
Semoga Bermanfaat..!!! J
Sumber:
Abdul Majid. 2013. Strategi
Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di
Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
W.S
Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar