Jumat, 19 September 2014

MATEMATIKA

Sering kita dengar kata "matematika" ato kalau dalam bahasa asingnya "mathematics". Tapi, apakah kalian tahu, apa sebenarnya matematika atau mathematics itu...??? Penasaran????  Check it out....!!!


Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan di sekolah dasar maupun sekolah menengah. Beberapa orang berpendapat bahwa matematika adalah ilmu tentang bilangan dan ruang, matematika merupakan bahasa simbol, matematika adalah bahasa numerik, matematika adalah ilmu yang abstrak, matematika adalah metode berpikir kritis, matematika adalah ratunya ilmu dan juga sebagai pelayan ilmu yang lain.
Depdiknas (dalam Ahmad Susanto, 2013: 184) menyebutkan bahwa kata matematika berasal dari bahasa Latin, manthein atau mathema yang berarti “belajar atau hal yang dipelajari”, sedang dalam bahasa Belanda, matematika disebut wiskunde atau ilmu pasti yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran.
Dalam kamus Bahasa Indonesia (Dendy Sugono, 2008: 927) matematika adalah ilmu tentang bilangan-bilangan, hubungan antara bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan.
Menurut Erman Suherman dkk. (2001: 253) matematika adalah disiplin ilmu yang tentang tata cara berpikir dan mengolah logika, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Pada matematika diletakkan dasar bagaimana mengembangkan cara berpikir dan bertinsa melalui aturan yang disebut dalil (dapat dibuktikan) dan aksioma (tanpa pembuktian).
James dan James (dalam Erman Suherman, 2001: 16) mendefinisikan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Matematika terbagi dalam tiga bagian besar yaitu aljabar, analisis, dan geometri.
Dari berbagai pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa matematika merupakan ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar, menggunakan istilah yang didefinisikan dengan jelas dan akurat serta direpresentasikan dengan lambang-lambang atau simbol-simbol yang memiliki arti.

Daftar Pustaka:
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dendy Sugono. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Erman Suherman, et.al. 2001. Strategi Belajar Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar