Sabtu, 20 September 2014

HASIL BELAJAR

Setelah kita memahami apa itu BELAJAR. Nah, kali ini kita akan membahas hasil dari belajar itu sendiri. Apakah yang akan kita dapatkan setelah kita belajar? Kalian mau tahu.??
Cekidooottt...!!!


Suatu kegiatan pasti ujungnya ada hasil yang diperoleh, begitu juga dengan belajar. Ketika seseorang menempuh pendidikan pasti ada hasil yang diperoleh atau dicapai. Perolehan hasil belajar bergantung faktor dari dalam seseorang maupun faktor dari luar seseorang.
Menurut Agus Suprijono (2009:5) hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Hasil belajar menunjukkan pengaruh dari suatu proses belajar seseorang. Dengan adanya hasil belajar setiap siswa mendapatkan gambaran tentang dirinya sendiri apakah sudah berhasil, sudah lebih baik dan sudah memaksimalkan kemampuannya atau malah sebaliknya. Menurut Bloom dalam Agus Suprijono (2009:6), hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Ada beberapa macam hasil belajar dari proses pembelajaran yang telah ditempuh. Merujuk pemikaran Gagne dalam Agus Suprijono (2009:5), hasil belajar berupa:
a.    Informasi verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis dan tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah maupun penerapan aturan.
b.    Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelektual terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep dan mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan.
c.    Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitif sendiri. Kemampuan ini meliputi konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
d.   Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.
e.    Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut.

Keberhasilan suatu pembelajaran akan terlihat dari output sesorang yang telah mengalami pembelajaran. Seseorang akan sukses di kemudian hari atau tidak tergantung dari proses menempuh pendidikan dimasa sekolah dulu. Akan tetapi, hasil pembelajaran diaggap berhasil apabila tujuan dari pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Menurut Makmun dalam Mulyasa (2013:190) ciri-ciri perubahan perilaku hasil belajar adalah sebagai berikut:
a.       Perubahan perilaku hasil belajar bersifat internasional, artinya pengalaman atau praktek hasil belajar itu sengaja dan disadari dilakukan dan bukan secara kebetulan.
b.      Perilaku hasil belajar bersifat positif, artinya sesuai dengan yang diharapkan (normatif), atau kriteria keberhasilan (criteria of success), baik dipandang dari segi peserta didik maupun dari segi guru.
c.       Perubahan hasil belajar bersifat efektif, artinya perubahan hasil belajar itu relatif tetap, dan setiap saat diperlukan dapat direproduksikan dan dipergunakan, seperti dalam pemecahan masalah, ujian, maupun dalam penyesuaian diri dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Dari uraian tersebut saya menyimpulkan bahwa hasil belajar merupakan titik akhir dan pengaruh dari perjuangan menempuh suatu pendidikan. Hasil belajar bisa berupa kemampuan afektif, kognitif dan psikomotor yang meningkat baik. Hasil belajar juga tidak akan lepas dari baiknya dalam proses pembelajaran yang diarahkan oleh guru melalui berbagai macam perangkat pembelajaran yang efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat.. Teruslah belajar..!!!!

Sumber:

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar