Setelah kita memahami apa itu BELAJAR. Nah, kali ini kita
akan membahas hasil dari belajar itu sendiri. Apakah yang akan kita dapatkan
setelah kita belajar? Kalian mau tahu.??
Cekidooottt...!!!
Suatu kegiatan pasti ujungnya ada hasil yang
diperoleh, begitu juga dengan belajar. Ketika seseorang menempuh pendidikan
pasti ada hasil yang diperoleh atau dicapai. Perolehan hasil belajar bergantung
faktor dari dalam seseorang maupun faktor dari luar seseorang.
Menurut Agus Suprijono (2009:5) hasil belajar adalah
pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi
dan keterampilan. Hasil belajar
menunjukkan pengaruh dari suatu proses belajar seseorang. Dengan adanya hasil
belajar setiap siswa mendapatkan gambaran tentang dirinya sendiri apakah sudah
berhasil, sudah lebih baik dan sudah memaksimalkan kemampuannya atau malah
sebaliknya. Menurut Bloom dalam Agus Suprijono (2009:6), hasil belajar mencakup
kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Ada beberapa macam hasil belajar dari proses
pembelajaran yang telah ditempuh. Merujuk pemikaran Gagne dalam Agus Suprijono (2009:5), hasil belajar berupa:
a.
Informasi verbal yaitu
kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun
tertulis dan tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah maupun
penerapan aturan.
b.
Keterampilan intelektual yaitu
kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelektual terdiri
dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep dan
mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan.
c.
Strategi kognitif yaitu
kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitif sendiri. Kemampuan ini
meliputi konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
d.
Keterampilan motorik yaitu
kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi,
sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.
e.
Sikap adalah kemampuan menerima
atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut.
Keberhasilan suatu pembelajaran akan terlihat dari
output sesorang yang telah mengalami
pembelajaran. Seseorang akan sukses di kemudian hari atau tidak tergantung dari
proses menempuh pendidikan dimasa sekolah dulu. Akan tetapi, hasil pembelajaran
diaggap berhasil apabila tujuan dari pembelajaran dapat dicapai dengan
maksimal. Menurut Makmun dalam Mulyasa (2013:190) ciri-ciri perubahan perilaku
hasil belajar adalah sebagai berikut:
a.
Perubahan
perilaku hasil belajar bersifat internasional, artinya pengalaman atau praktek
hasil belajar itu sengaja dan disadari dilakukan dan bukan secara kebetulan.
b.
Perilaku
hasil belajar bersifat positif, artinya sesuai dengan yang diharapkan (normatif), atau kriteria keberhasilan (criteria of success), baik dipandang
dari segi peserta didik maupun dari segi guru.
c.
Perubahan
hasil belajar bersifat efektif, artinya perubahan hasil belajar itu relatif
tetap, dan setiap saat diperlukan dapat direproduksikan dan dipergunakan,
seperti dalam pemecahan masalah, ujian, maupun dalam penyesuaian diri dalam
kehidupan sehari-hari dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Dari uraian tersebut saya menyimpulkan bahwa hasil belajar merupakan titik akhir dan pengaruh dari
perjuangan menempuh suatu pendidikan. Hasil belajar bisa berupa kemampuan
afektif, kognitif dan psikomotor yang meningkat baik. Hasil belajar juga tidak
akan lepas dari baiknya dalam proses pembelajaran yang diarahkan oleh guru
melalui berbagai macam perangkat pembelajaran yang efektif.
Semoga artikel ini bermanfaat.. Teruslah
belajar..!!!!
Sumber:
Agus Suprijono. 2009. Cooperative
Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan
dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar